Dalam hajat besar ini Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Bengkulu Sutriyono menyampaikan gagasannya bagi kemajuan Pustakawan sebagai motor Perpustakaan “Kami mengusulkan agar organisasi profesi pustakawan khususnya IPI dapat memperjuangkan kepada pemerintah untuk bisa mengangkat alumni S1 ilmu perpustakaan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Adalah langsung diangkat dan ditugaskan di perpustakaan yang belum memiliki pustakawanya” .

“Hal ini  bisa menjawab rilis Perpusnas 2020 bahwa jumlah Perpustakaan di Indonesia adalah sebanyak 164.610 sedangkan jumlah pustakawanya hanya 12.301,” ujarnya menambahkan.

Rakornas yang digelar di Hotel Bidakara Pancoran dibuka pada (25/02) hingga Kamis (27/02) itu juga menghadirkan para narasumber yang sangat luar biasa di bidang perpustakaan. Para narasumber terbagi dalam dua sesi.

Pertama sesi kebijakan yang diisi perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan; perwakilan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; perwakilan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas; perwakilan Menteri Keuangan; dan Pimpinan Komisi X DPR RI.

Sesi kedua yaitu sesi teknokrak/praktisi yang diisi oleh Direktur Dana Transfer Khusus Kemenkeu; Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas; Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantu dan Kerjasama Kemendagri; Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca; Duta Baca Indonesia; Kepala Dinas Provinsi dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Selatan; Wakil Walikota Tegal; Pegiat Literasi; Asosiasi Perpustakaan Umum; Asosiasi Perpustakaan Khusus; Asosiasi Perpustakaan Sekolah, Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi; Asosiasi Sarana Perpustakaan; dan Ikatan Pustakawan Indonesia.(SY)