Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bengkulu gelar dua acara penting dan berkesinambungan yang menandai dimulainya kepengurusan baru Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Bengkulu periode 2020-2023 pada kamis, 25/03/21.

Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) yang bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, Jl. Mahoni No. 12 Kota Bengkulu. Diawali oleh sambutan Heppy Yana Syateri, S.Si., ME. mewakili Kepala Dinas DPK Provinsi Bengkulu dan dilanjutkan dengan dibukanya secara resmi oleh Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia, T. Syamsul Bahri, SH., M.Si.

Syamsul dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kompetensi pustakawan dalam bertransformasi dan menyesuaikan diri terhadap tren perubahan yang terjadi di masyarakat. “dalam mencari informasi, masyarakat lebih banyak menggunakan media sosial dalam prakteknya, terlebih cara ini baru dan lebih praktis digunakan. Kemudian, PD IPI Provinsi Bengkulu juga dapat mensinergikan PP IPI, PD IPI serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu dalam suatu bimtek online untuk membuktikan bahwa IPI adalah mitra pemerintah daerah dalam memajukan dunia perpustakaan dan kepustakawanan”, ujar beliau.

RAKERDA  berlangsung dengan semangat dan motivasi yang tinggi serta menghasilkan sejumlah program kerja pada bidang Kesekretariatan, Organisasi dan Keanggotaan, Penerbitan dan Publikasi, Pendidikan dan Pelatihan, Dana Usaha, dan Pengabdian pada Masyarakat. Banyak inovasi yang dimunculkan, terutama pengoptimalan situs web resmi milik PD IPI Provinsi Bengkulu sebagai media informasi, komunikasi, dan mendukung peningkatan profesionalisme pustakawan. Salah satunya adalah akan diterbitkannya jurnal perpustakaan, edukasi dan literasi milik IPI Provinsi Bengkulu yang diberi nama “MACO”.

Pada pukul 13.30 WIB agenda acara beralih kepada pelantikan PD IPI Provinsi Bengkulu yang bertempat di Balai Raya Semarak, Gedung Daerah Provinsi Bengkulu, yang dilakukan oleh ketua umum PP IPI,  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan acara RAKERDA dan pelantikan PD IPI Provinsi Bengkulu. Beliau mengingatkan agar masa pandemi disikapi dengan munculnya layanan digital. Perpustakaan agar tetap menjadi ruang fisik meski telah ada layanan ruang maya, menjadi ruang sinergitas antara perpustakaan dan masyarakat. PD IPI Provinsi Bengkulu diharapkan dapat mengambil peran dengan membantu peningkatan kompetensi pustakawan yang dibutuhkan.

Gubernur Bengkulu yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, H. Gotri Suyanto, SE., M.Soc.Sc.  dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan PD IPI Provinsi Bengkulu periode 2020-2023, dan menyampaikan harapan agar kepengurusan PD IPI Provinsi Bengkulu dapat bekerja dengan baik, amanah, profesional, dan bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu khususnya.

Gotri Suyanto juga meyakini bahwa ke depan peran perpustakaan dan pustakawan sangat diperlukan, walaupun Google dan sejenisnya membuat masyarakat malas ke perpustakaan. Hal ini menjadi tantangan agar pustakawan menambah ilmu pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk dapat menarik minat dan kegemaran masyarakat kepada perpustakaan. Beliau juga menekankan perlunya peningkatan kesadaran terhadap keberadaan informasi dan dokumen yang penting, terutama rekam jejak pemerintahan dalam dokumen-dokumen kegiatan pada organisasi pemerintah daerah. Hal tersebut juga harus didukung peningkatan kompetensi pustakawan serta penggunaan teknologi dalam menunjang penelusuran informasi sehingga membantu masyarakat mengakses berbagai informasi dengan mudah dan cepat. (elis/red.Rizal/2020)