Senin, 10 Agustus 2020. Pasca kunjungan pembinaan pertama, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Bengkulu ke SMKN 1 Kota Bengkulu pada tanggal 29 Juli 2020 lalu, IPI Bengkulu kembali bergerak cepat memetakan apa yang menjadi kebutuhan perpustakaan “Jati Ilmu” yang sedang dirancang untuk menjadi pilot projek perpustakaan sekolah percontohan PD IPI di Kota Bengkulu ini.

“Salah satu yang menjadi fokus awal pembinaan IPI Bengkulu adalah membantu pemasangan instalasi aplikasi Senayan Library Managemen system ( SLIMs), hal ini mengingat sistem layanan perpustakaan di SMKN1 belum dilakukan secara automasi” demikian ujar Sutriono yang diamini Jurtianto, M.Hum selaku tim ahli IT IPI yang juga Kepala Perpustakaan IAIN Curup.

Sementara itu seusai pekerjaan instalasi SLIMs, Tim IPI Bengkulu bersama ibu Risnety Tanjung, S.Pd selaku kepala Perpustakaan diajak menemui Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bengkulu ibu Dra. Hj. Evriza, M.Pd untuk menyampaikan kelanjutan program pembinaan tersebut di ruang kerjanya “Silahkan disiapkan apa kebutuhan untuk penunjang perangkat aplikasi tersebut nanti akan kita support sesuai kemampuan yang ada” ucap ibu Evrita menyampaikan dukunganya diawal perbincangan dengan kami.

Selain dukungan akan melengkapi perangkat automasi, ibu Evriza juga akan berupaya menambah tenaga pustakawan yang saat ini baru satu orang, “Insya Allah untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para pemustaka SMKN 1 Kota Bengkulu, dengan menambah pustakawan kenapa tidak” ujar ibu Evriza diplomatis.

Mendapat sinyal yang bagus tersebut Ketua IPI Bengkulu bersama rombongan juga menambahkan “Program kami hadir ke perpustakaan-perpustakaan sekolah, salah satunya SMKN 1 ini adalah untuk memastikan bagaimana tenaga perpustakaanya, adakah pustakawannya, Kedua bagaimana standar pengelolaannya, dan ketiga adalah memastikan dukungan kepala sekolah dalam pengembangan perpustakaan. Alhamdulilllah ketiganya sudah ada semua di SMKN 1 Kota Bengkulu ” ujar Sutriono sembari memohon pamit. (Tri/2020)