Bengkulu, 29 Juli 2020. Lokasi kali ini yang menjadi tujuan pembinaan yang dilakukan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Bengkulu  yaitu Perpustakaan Jati Ilmu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 yang terletak di Jalan Jati Kelurahan Padang Jati Kota Bengkulu. Pembinaan yang dilakukan mulai pukul 09.00 sd. 12.00 WIB hari  Rabu (29/7/2020) kemaren dikemas dalam kegiatan monitoring dan evaluasi pasca diklat dipimpin langsung oleh Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Bengkulu  Sutriono, S.IPI.,M.Pd.I. dan diikuti oleh tiga orang pengurus lainnya Toni Hartanto, S.Sos. (Sekretaris), Nanik Rahmawati, M.Hum  (bidang Diklat) dan Usmaita, S.Sos. selaku bendahara.

Dalam sambutan saat diterima di ruang kepala Sekolah SMKN 1 Kota Bengklu, Sutriono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kewajiban kami dan bisa dikatakan hutang pengurus PD IPI Bengkulu kepada peserta diklat Kepala Perpustakaan sekolah yang setahun lalu telah menyelesaikan diklatnya bersama kami, untuk itu kami ingin memastikan bagaimana kondisi perpustakaannya dan apakah  ilmu yang diperoleh selama mengikuti diklat diterapkan atau tidak ditempat mereka bertugas.
Selanjutnya ibu Dra. Hj. Evriza, M.Pd selaku kepala SMKN 1 dalam sambutan saat menerima pengurus PD IPI Bengkulu mengatakan bahwa “kami ucapkan selamat datang dan kami sangat berterima kasih atas kehadiran para pengurus IPI Bengkulu ke SMKN 1, silahkan di lihat mana yang belum pas dan masih dirasa kurang sesuai dengan standar pengelolaan perpustakaan mohon sampaikan kepada kami agar kami bisa terus berbenah, ujar ibu Evriza singkat dengan senyum ramahnya didampingi kepala Perpustakaan “Jati Ilmu” SMKN 1 ibu  Risnety Tanjung, S.Pd.

Setelah melakukan peninjauan langsung ke perpustakaan meliputi spot koleksi, sarana prasarana pendukung,  sistem pengolahan, layanan dan lain-lainnya agenda dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi bersama pustakawan pengelola dan  kepala perpustakaan  Jati Ilmu SMKN 1, tidak lupa tim juga menyerahkan beberapa peraturan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) serta instrumen penilaian perpustakaan SLTA serta peraturan lainya.

Diakhir acara sebelum pulang, Sutriono mengatakan  “perpustakaanya sudah lumayan baik, akan tetapi  ada beberapa hal yang harus dibenahi  khususnya sistem informasi dan layanan yang masih manual  agar bisa beralih ke automasi”. Semoga dengan dukungan seluruh elemen civitas akademika SMKN1 untuk bersinergi bersama, insya Allah perpustakaan Jati Ilmu SMKN 1 bisa lebih maju dan berkembang,  kami juga berharap suatu saat nanti perpustakaan ini bisa menjadi perpustakaan percontohan bagi teman-teman  pustakawan perpustakaan sekolah di kota Bengkulu, Insya Allah IPI Bengkulu siap bersama mewujudkan impian tersebut” tambah Sutriono sambil berpamitan. (tri/2020)